TUTORIAL

Tutorial (tutoring) adalah bantuan atau bimbingan belajar yang bersifat akademik oleh tutor kepada mahasiswa (tutee) untuk membantu kelancaran proses belajar madiri mahasiswa secara perorangan atau kelompok berkaitan dengan materi ajar. Tutorial dilaksanakan secara tatap muka atau jarak jauh berdasarkan konsep belajar mandiri. tutorial dapat berupa video yang berisikan sesuatu atau dapat berupa skema yang runtut mengenai cara suatu sistem untuk dikerjakan maupun mengerjakan. tutorial digunakan untuk mempermudah sesuatu yang ‘baru’ maupun yang sudah lama dikenal. melalui tutorial akan ada banyak sekali hal yang dapat diperoleh seperti menjadi tau mengenai suatu sistem dan lain sebagainya.
dalam pembelajaran kimi terkadang diperlukan adanya model pembelajaran berbasis TIK yang digunakan untuk mempermudah siswa dalam memahami pelajaran atau melakukan pemahaman konsep. model pembelajaran ini menggunakan setidaknya 5 jenis software atau aplikasi yang mampu mendukung kegiatan belajar mengajar tersebut. software-software tersebut digunakan untuk menjelaskan bagaimana aliran atau konsep suatu materi tersebut terjadi.
contoh software atau aplikasi kimia yang dapat digunakan:
1. Adobe Flash Professional (versi apa saja)
2. Delphi
3. Jmol
4. ACD/ChemSketch Freeware
5. Molegro Molecular Viewer
6. Symyx Chime dan Symyx Draw

pada pembelajaran kimia dala materi elektrokimia dapat digunakan aplikasi berupa adobe flash professional yang mampu menjelaskan bagaimana suatu elektron dapat terjadi pertukaran dengan elektron lain dan bagaimana suatu proses pertukaran antar elektroda terjadi

contoh pembelajaran menggunakan flash sebagai berikut:

Leave a Reply